Widget HTML Atas

Syarat Sah Puasa Ramadan


Mungkin sobat sekalian masih ada yang tidak tahu syarat sah puasa Ramadan, Maka dari itu saya akan memberitahukan kepada kamu beberapa syarat sah puasa Ramadan yang penting untuk diketahui agar ibadah puasa Ramadan kamu makin berkah.

Syarat Sah Puasa Ramadan, Apa Saja sih?

Sebagaimana ibadah lainnya berdasarkan syariat Islam, puasa Ramadan juga memiliki syarat wajib puasa yang harus dipenuhi. adapun penjelasan mengenai syarat sah puasa Ramadanantara lain:

1. Beragama Islam

Syarat sah puasa Ramadan yang paling utama adalah orang tersebut harus beragama Islam.

Itu karena puasa termasuk salah satu dari lima rukun Islam, seperti diriwayatkan Hadits Imam Turmudzi dan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

"Islam didirikan dengan lima hal, yaitu persaksian tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, didirikannya shalat, dikeluarkannya zakat, dikerjakannya Haji di Baitullah (Kakbah), dan dikerjakannya puasa di bulan Ramadhan."

2. Baligh

Baligh adalah istilah dalam hukum Islam yang menunjukkan seseorang telah memasuki usia dewasa atau sudah dewasa.

Sedangkan dalam bahasa Arab, kata 'Baligh' artinya sampai. Secara hukum Islam, seseorang dapat dikatakan baligh apabila:

Mengetahui, memahami, serta mampu membedakan mana yang baik dan buruk.
Bagi laki-laki, sudah mengalami mimpi basah dan keluarnya air mani.
Bagi perempuan, sudah mengalami menstruasi (haid).

4. Mampu atau Kuat Mengerjakan Puasa

Syarat wajib puasa adalah mampu (sehat) dan kuat menjalankan ibadah puasa. Bila tidak, maka kamu wajib untuk mengganti puasa tersebut pada hari lain di luar bulan Ramadan atau dengan membayar fidyah.

5. Suci (Tidak Haid atau Nifas)

Wanita yang sedang haid atau dalam keadaan nifas, maka puasanya tidak sah. Ketentuan ini berdasarkan haidts Rasulullah SAW, berbunyi:

Dari Mu’adzah dia berkata, “Saya bertanya kepada Aisyah seraya berkata, ‘Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha’ puasa dan tidak mengqadha’ salat?’ Maka Aisyah menjawab, ‘Apakah kamu dari golongan Haruriyah? ‘ Aku menjawab, ‘Aku bukan Haruriyah, akan tetapi aku hanya bertanya.’

Lalu, Aisyah menjawab, "Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha’ puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha’ shalat." (HR. Muslim no.335)

6. Mengetahui Waktu Puasa Ramadan

Mengetahui waktu puasa Ramadan termasuk dalam syarat sah puasa Ramadan yang harus kamu ketahui.

Nah, cumn itu yang bisa saya sampaikan tentang Syarat Sah Puasa Ramadan, terima kasih telah berkunjung, semoga yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kalian semua.
Buka Komentar

No comments for "Syarat Sah Puasa Ramadan"